Monday, October 19, 2009

Cara Menjebol Password File Dokumen

Menyambung artikel sebelumnya tentang cara membuat password yang baik, maka berikut ini penulis akan menjelaskan bagaimana seseorang dapat menjebol password file dokumen penting anda (word, excel, dll) dengan mudah jika anda tidak membuat password dengan cara yang benar, misalnya membuat password dengan menggunakan kurang dari 6 karakter.

Adalah sebuah aplikasi yang tersebar secara gratisan di internet yang dapat menjebol password Ms. Office anda semacam file word atau excel dengan menggunakan metode brute force. Metode ini menjebol password anda dengan cara mencoba-coba kombinasi password sampai berhasil dimulai dari satu karakter sampai puluhan karakter hingga ditemukan kombinasi yang cocok dengan password anda.

Contohnya jika anda melindungi file word anda dengan password “2A” (dua karakter), maka aplikasi tersebut akan berusaha membuka file dengan mencoba kombinasi satu persatu kombinasi karakter dimulai dari satu karakter dan seterusnya, contoh, aplikasi brute force akan mencoba dengan kombinasi dari a sampai z, 1 sampai 9, dan mencoba simbol-simbol lainnya seperti *,.? Dan seterusnya. Jika tidak berhasil ia akan menambahkan kombinasi menjadi 2 karakter dimulai dari aa sampai zz, 00 sampai 99, atau mengkombinasikan angka dan abjad misal a1, a2, a3 dan seterusnya secara berurutan sampai seluruh kombinasi dua karakter dicoba hingga akan ditemukan kombinasi “2A” yang merupakan password anda. Selanjutnya dapat ditebak, file dapat dibuka dengan passwor hasil coba-coba tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi brute force, penulis pernah mencoba membuka file excel seorang teman, dan setelah beberapa jam akhirnya aplikasi tersebut menemukan kombinasi password file tersebut sebanyak hanya 4 karakter saja. Dan secara mengejutkan ternyata file tersebut berisi data tentang dana perusahaan yang selama ini ia simpan.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah ia hanya akan menemukan password dengan metode mencoba-coba setiap kemungkinan karakter dimulai dari satu karakter sampai ke puluhan karakter secara berurutan. Oleh sebab itu jika password anda kurang dari 6 karakter maka aplikasi ini hanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk menemukannya, sedangkan jika password dibuat lebih dari 6 karakter dengan kombinasi abjad, angka, dan simbol, maka menurut penelitian para ahli aplikasi tersebut diperkirankan baru dapat menemukan password tersebut setalah ratusan tahun kemudian karena harus mencoba milyaran kombinasi angka, abjad, dan simbol. Dengan jangka waktu yang panjang tersebut kemungkinan orang yang berusaha membuka file rahasia anda akan menyerah.

Untuk mencari aplikasi brute force gratisan di internet, coba ketikkan kata “brute force software” atau “password recovery” pada mesin pencari google diatas dan tekan enter.

No comments:

Post a Comment

BUKTI ALQUR'AN FIRMAN ALLAH SWT

JIKA  ADA ORG  YG BERTANYA KPD MU ... APA BUKTINYA BAHWA ALQUR'AN ITU MEMANG DARI ALLAH PENCIPTA JAGAD RAYA INI DAN BUKAN SEKEDAR KARANG...